Tirakatnya Ayahanda Kh Wahab Hasbullah (Mbah Hasbullah Said)

KH. Wahab Chasbullah Minta Diwafatkan Setelah Muktamar NU, Begini  Ceritanya... | Sejarah › Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin  (Nahdlatul Ulama NU)
Kh Abdul Wahab Hasbullah ( Sumber : laduni.id )

Mbah hasbullah said yang dalam buku drs. Choirul anam, “
 pertumbuhan dan perkembangan NU” wafat bertepatan dengan kongres  AL islam kelima di bandung tahun 1926 ini mempunyai rahasia atau lelakon sehingga putra putrinya menjadi orang hebat dan bermanfaat. Beliau adalah pribadi yang sabar dan kuat dalam hal tirakat. Meskipun sebagian besar riwayat mengatakan beliau termasuk orang mapan dari segi sisi ekonomi akan tetapi kemapanannya tidak menghalangi beliau menjalani dunia sufi.

Dalam sebuah riwayat, diantara saudara saudaranya yang lain, beliau bahkan termasuk “dedel“ ( tidak begitu pandai ). Namun demikian saudaranya juga mengakui jika mbah chasbullah adalah sosok yang paling kuat dan sabar dalam menjalani amalan dan tirakatan. Karena kelebihannya itu beliau disegani.

Gus imron rosyadi malik menuturkan, saat nyai lathifah ( istri mbah hasbullah ) hamil, sang istri mempunyai satu permintaan kepada sang suami. Permintaan tersebut adalah agar mbah hasbullah mengkhatamkan alquran sebanyak seratus kali. Jadi bila dibuat rata rata dalam setiap 2 sampai 3 hari, beliau mengkhatamkan alquran, akhirnya bisa diketahui bersama, bagaimana putra dan putri mbah hasbullah ini menjadi pribadi yang hebat dan bermanfaat bagi umat dan bangsa dalam bidangnya masing masing.

Sumber : buku tambakberas ( menelisik sejarah memetik uswah )

Belum ada Komentar untuk "Tirakatnya Ayahanda Kh Wahab Hasbullah (Mbah Hasbullah Said)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...